Home

Cara Merawat Kondisi Air Kolam Ikan Koi

Merawat air kolam ikan koi tetap jernih adalah prioritas utama penghobi koi agar ikan peliharaannya selalu sehat. Tidak hanya untuk para penghobi, merawat kondisi air kolam ikan koi juga wajib dilakukan oleh para pembudidaya ikan koi, karena memang air kolamlah sarana untuk memelihara ikan, jadi baik buruk kualitas ikan akan turut ditentukan oleh kebersihan kolam.
Cara Merawat Kondisi Air Kolam Ikan Koi
Cara Merawat Kondisi Air Kolam Ikan Koi

Menjaga kebersihan air kolam juga dilakukan untuk menjaga kualitas warna ikan koi. Hal yang bisa dilakukan diantaranya menjaga selalu kejernihan air, menjaga keseimbangan pH, dan menjaga agar air tidak keruh.

Tips Menjaga Air Kolam Ikan Koi Tetap Jernih

Menjaga kondisi air kolam ikan koi yang pertama dengan menyortir jumlah ikan koi yang anda pelihara disesuaikan dengan luas kolam, agar kandungan amonia dalam air kolam akibat proses kotoran koi tetap dalam ambang batas yang normal.

Penyortiran berkala wajib dilakukan mengingat luas kolam yang stagnan sudah tidak sesuai dengan koi yang terus tumbuh makin membesar.

Media pendukung untuk merawat kolam ikan koi

Berikan media pembantu untuk menyuplai kadar oksigen air kolam yang cukup untuk kesehatan koi. Media tersebut misalnya: air terjun mini, filter untuk sirkulasi air yang bagus, dan aerator.

Pilih filter air yang bagus agar zat-zat kimia dalam air dapat tersaring dengan sempurna. Sehingga air selalu bersih dan menyehatkan bagi kehidupan koi.

Buatlah kolam yang ideal

Sebaiknya bangun kolam dalam tanah sesuai desain yang anda sukai, 70% luas kolam dapat anda jadikan kolam dan sisanya 30% untuk membuat system ruang filter yang mendukung tingkat kebersihan kolam.

Kedalam kolam yang baik sekitar 1 sampai 2 m untuk menciptakan suhu air kolam yang stabil di siang dan malam hari. Kolam yang dalam membuat koi lebih cepat besar dan merasa terlindungi dari gangguan.

Hal yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kualitas Ikan Koi

Jangan menciptakan area mati dalam kolam anda, system arus air yang baik yaitu air selalu mengalir dari sumber air ( air terjun buatan ) menuju semua sudut kolam. Hal ini untuk mencegah tumbuh kembangnya bakteri.

Hindari membuat sudut 90 derajat pada sudut-sudut kolam sehingga dapat menciptakan area mati. Sebaiknya membuat sudut lengkung agar air mengalir sempurna.

Kuras air kolam koi anda secara berkala jika dirasa perlu tindakan penggantian air seluruhnya. Jika terdapat indikasi air kolam telah tercampur dengan benda ( zat-zat ) yang dapat membunuh koi.

Buatlah di bagian tengah kolam lebih dalam membentuk sudut 20-40 derajat dengan kedua sisi kolam. Untuk memperdahkan membersihkan kotoran koi, sehingga anda dapat Menjaga Kondisi Air Kolam Ikan Koi.

Cara Membuat Air Kolam Ikan Koi Selalu Jernih

Untuk menjaga kejernihan air hal-hal yang bisa kita lakukan di antaranya, ada yang harus dilakukan dan ada yang harus dihindari.

Hal yang harus dilakukan misalnya memasang filter kolam, manjaga pH air dan menjaga kebersihan pipa filter. Memasang filter air pada kolam ikan dapat dilakukan untuk menyaring kotoran dalam kolam yang berupa kotoran ikan itu sendiri atau sisa makanan.

Adapun yang harus dihindari diantaranya, jangan terlalu banyak terkena sinar matahari, karena hal ini akan memicu tumbuhnya lumut. Lakukan juga pengurangan populasi ikan secara berkala.

Ikan yang selalu tumbuh sedangkan luas kolam yang tidak mungkin bertambah, mengharuskan kita untuk selalu menjaga kepadatan kolam. Alternatif yang bisa dilakukan, jangan memelihara terlalu banyak koi dalam satu kolam, atau buat kolam yang relatif besar.

Itulah cara agar air kolam ikan koi tetap jernih dan bersih. Tentu cara ini bisa meningkatkan kualitas warna ikan dan kesehatannya. Silahkan di coba.