Home

Penyebab Umum Wanita Telat Menstruasi

Meskipun setiap wanita yang sudah dewasa selalu didatangi oleh para tamu bulanan tapi setidaknya mereka tidak datang tepat pada tanggalnya. Ada banyak wanita yang mengalami keterlambatan menstruasi hingga sebulan lebih, dua bulan sekali atau yang lainnya dan itu bukanlah mereka mengalami kehamilan tetapi ada penyebab lain.
Penyebab Umum Wanita Telat Menstruasi
Penyebab Umum Wanita Telat Menstruasi

Untuk kalian para wanita yang memang merasa khawatir dan resah mengapa selalu terlambat datang bulan atau menstruasi, inilah penyebab umumnya :

Stress

Terlalu banyak pikiran dan mental buruk dapat menyebabkan tubuh anda menjadi stress dan ini merupakan penyebab utama telat menstruasi. Ketika keadaan tubuh merasa tertekan, sedih, marah, atau kesal maka tubuh akan menahan sel telur untuk dilpaskan dari ovarium dan menunggu emosi stabol atau siap secara emosinal.

Siklus Belum Selesai

Ketika kalian telat haid dalam beberapa hari itu merupakan hal yang wajar karena memang menstruasi sering meleset dari perkiraan kita, hal ini disebabkan tubuh belum menyelesaikan siklusnya untuk membuang sel telus dari ovarium.

Kurang Makan dan Olahraga Yang Berlebihan

Tubuh sangat memerlukan asupan nutrisi yang seimbang sehingga tubuh menjadi kurus dan sulit untuk melakukan pembuangan sel telur hal ini juga bisa disebabkan karena kebanyakan atau berlebihannya kalian dalam melakukan sebuah kegiatas fisik dan olahraga yang lainnya.

Efek Obat Tertentu

Efek dari obat-obatan tertentu juga dapat mengganggu siklus menstruasi dan ini biasanya berlaku untuk kalian yang sedang menjalani perawatan atau pengobatan. Masalah seperti ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter yang memberikan obat untuk anda.

Tubuh Sakit atau Terluka

Jika keadaan tubuh sedang tidak enak badan, sakit, atau terluka maka biasanya secara otomatis tubuh akan ber-ovulasi atau melepas sel telur dengan sendirinya sampai anda sehat kembali dan keadaan seperti ini memang bisa menyebabkan menstruasi telat dalam waktu yang cukup lama.

Bagi kalian para wanita dewasa yang memang sangat takut atau khawatir kenapa menstruasi atau haid kalian terlambat ? selain dari kata hamil, penyebab diatas juga sangat umum dan lumrah dirasakan oleh para wanita lain dan memang itulah penyebab keterlambatan datangnya hari menstruasi anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat