Home

Tanda-tanda Menjelang Menstruasi Dan Solusinya

Saat-saat menstruasi merupakan saa-saat khusus bagi seorang wanita yang pada umumnya akan di awali dengan tanda menjelang menstruasi yang mungkin akan sangat mengganggu baik dari segi fisik maupun psikis. Siklus menstruasi yang merupakan proses alami ini terkadang akan membuat wanita menjadi tidak nyaman, dan itulah mengapa sebenarnya kita dapat mengamati dari tanda-tanda saat menjelang menstruasi sejak dini sehingga kita menyadari kondisi tubuh yang tidak enak, serta memaklumi dan juga mengantisipasi pada hal tersebut.
Tanda-tanda Menjelang Menstruasi Dan Solusinya
Tanda-tanda Menjelang Menstruasi Dan Solusinya

Tanda menjelang akan menstruasi dalam dunia kesehatan lebih dikenal dengan istilah PMS (Pre Menstrual Syndrome) yaitu adanya sekumpulan gejala yang datang sebelum pada masa menstruasi. Biasanya tanda menjelang menstruasi ini terjadi sekitar 1-2 minggu sebelum pada periode haid. Dan tanda-tanda tersebut akan hilang dengan sendirinya saat haid datang.

Berikut tanda-tanda menjelang menstruasi :

1. Masalah Perut

Biasanya Anda akan mengalami beberapa masalah pada perut sebelum menstruasi, seperti diare, kram, mual, dan sembelit. Tidak jarang akan ada keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu (ngidam). Pada sebagian wanita mungkin akan mengalami perubahan nafsu makan saat mendekati menstruasi.

2. Perubahan Pada Bagian Tubuh

Cenderung jerawat akan muncul ketika haid karena terjadinya perubahan hormon. Atau bisa juga akan mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki, atau bahkan pada payudara dan pada ukuran putingnya akan menjadi lebih besar dari ukuran normalnya. Perubahan akan terjadi pada rambut area kewanitaan menjadi lebih kasar serta lebih tebal. Adakalanya juga akan merasakan perubahan yang mengganggu seperti pegal-pegal pada bagian paha dan punggung.

3. Perubahan Emosi

Sebagian orang akan merasakan suasana hati yang kurang bersahabat dengan aktifitasnya, sensitif dengan keadaan dan juga terkesan menjadi cengeng. Hal itu merupakan tanda akan datang haid. Atau bisa juga akan menjadi lebih jengkel dengan suasana hati, atau memiliki masalah pada tidurnya. Pada kasus yang parah, Anda memiliki kesulitan untuk mengingat suatu hal dan berkonsentrasi pada menjelang menstruasi.

Perlu diperhatikan ciri-ciri menstruasi tidak normal

Perhatikan apakah menstruasi Anda berubah dari biasanya? seperti berlangsungnya lebih lama atau lebih singkat, atau bahkan darah yang keluar bisa lebih banyak atau sedikit. Hal ini tidak berarti ada masalah, namun juga perlu melakukan pemeriksaan.

Terjadinya pendarahan diluar jadwal menstruasi, pendarahan setelah melakukan hubungan seks atau pendarahan setelah menopause sangat perlu diperiksa oleh ahlinya. Dan mungkin hal ini disebabkan oleh adanya infeksi, kelainan pada serviks (leher rahim), atau mungkin kasus yang jarang.

Apabila Anda tidak mengalami menstruasi atau telat datangnya menstruasi setelah melakukan hubungan seks, maka bisa jadi Anda hamil. Itulah hal-hal yang sangat wajar dan biasa terjadi pada wanita sebagai tanda-tanda menjelang menstruasi.

Lalu apakah ada solusinya?

Berikut ini beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk meredakan tanda-tanda menjelang menstruasi, meliputi :

Perubahan Gaya Hidup

Terdapat beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi tanda menjelang menstruasi seperti :
  • Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan gandum.
  • Melakukan olahraga rutin.
  • Hindari garam, makanan manis, kafein, alkohol, terutama pada saat PMS datang.
  • Berhenti merokok.
  • Istirahat yang cukup, setidaknya 8 jam perhari.

Menggunakan Suplemen

Terdapat beberapa vitamin dan mineral yang diketahui dapat digunakan untuk mengatasi gejala dari PMS seperti kalsium dengan vitamin D, asam folat, magnesium, vitamin B6, dan vitamin E.