Home

Amankah Melakukan Pemijatan Saat Sedang Menstruasi?

Siapa yang tidak ingin dipijat, hampir semua orang menyukainya. Hal ini dikarenakan ternyata dapat membuat tubuh menjadi rileks, otot-otot yang tegang akan menjadi terasa nyaman pada tubuh. Namun tahukah Anda bahwa pijatan yang tepat saat sedang masa menstruasi ternyata akan meminimalisir gejala PMS.
Amankah Melakukan Pemijatan Saat Sedang Menstruasi?
Amankah Melakukan Pemijatan Saat Sedang Menstruasi?

Saat sedang masa menstruasi, mood wanita akan berubah. Hal tersebut dikenal dengan istilah PMS, dan pada umumnya semua wanita akan merasakan hal tersebut tetapi memiliki gejala yang berbeda. Pada sebagian wanita yang merasakan nyeri di seputaran bagian perut bagian bawah, ada yang merasakan mual, pusing, termasuk perubahan mood.

amankah melakukan pemijatan saat menstruasi

Berikut ini manfaat pijatan saat menstruasi :

1. Melancarkan menstruasi

Anda dapat melakukan pemijatan ringan pada titik yang tepat ketika menstruasi tidak normal, atau bila perlu konsultasikan juga pada dokter jika menstruasi tidak normal. Pada dasarnya titik saraf reproduksi berada di bagian telapak tangan dan juga telapak kaki. Maka Anda dapat melakukan pijatan ringan pada bagian punggung tangan yang berada di tulang pergelangan yang memiliki lebar sama dengan besar dengan jari telunjuk Anda.

2. Mengurangi sakit pada pinggang

Biasanya wanita yang sedang menstruasi akan mengalami rasa pegal dan sakit pada sekitar pinggang. Anda dapat melakukan rileksasi dan pemijatan pada tulang yang berada di bagian pergelangan kaki bagian terluar yang mengarah ke bagian dalam. Tetapi Anda bisa melakukan pemijatan tersebut sebelum datang menstruasi sehingga tidak akan membuat aktivitas menjadi terganggua dengan adanya berbagai gejala PMS.

3. Meredakan kram perut

Gejala PMS lainnya yaitu kram perut. Gejala tersebut bisa saja berlangsung sebentar atau bahkan lama, serta gejala kram perut akan dirasakan di hari pertama sampai hari ketiga. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan cara melingkar pada bagian perut.

4. Menghilangkan pegal-pegal

Melakukan pemijatan akan membantu untuk menghilangkan pegal-pegal. Gejala ini akan dialami oleh Anda yang saat akan memasuki menstruasi pertama hingga hari pertama. Lakukan pemijatan ringan pada bagian yang terasa pegal dan kaku sehingga akan merasakan nyaman.

5. Menghilangkan stress

Perubahan mood akan terjadi ketika masa menstruasi. Dengan melakukan pemijatan ringan maka dapat menghilangkan stress yang diakibatkan oleh kegiatan sehari-hari serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hanya menggunakan waktu selama 30 menit untuk melakukan pemijatan ringan maka dapat memperbaiki mood Anda. Selain itu juga terdapat gelombang otak yang akan merespon pada kemampuan dalam mengubah keadaan tubuh. Pemijatan yang dilakukan di pagi hari akan membuat Anda menjadi segar dan fokus, sedangkan pemijatan di malam hari akan membantu untuk menciptakan tidur yang berkualitas.

Pijatan memiliki beberapa jenis, tetapi yang sering digunakan dalam mengatasi masalah menstruasi yaitu pijat refleksi karena terdapat jalur syaraf yang terhubung sehingga akan memberikan stimualan pada organ tubuh. Anda juga dapat melakukan pemijatan refleksi di pusat kebugaran sehingga Anda juga dapat berkonsultasi mengenai masalah menstruasi tersebut. Biasanya akan disesuaikan dengan adanya gangguan yang dialami sehingga pusat pijat akan tepat pada sasaran.

Terdapat beberapa titik yang biasanya digunakan termasuk pada tangan dan kaki sebagai area yang dimana terletak syaraf yang berhubungan dengan reproduksi. Anda bisa melakukan pemijatan ringan di rumah ketika gejala PMS datang. Namun jika keadaan semakin memburuk sebaiknya konsultasikan dengan dokter supaya kita mengetahui lebih jelas.