Home

Menguak Khasiat Dari Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan Otak

Ginkgo biloba atau yang disebut dengan pohon Maindenhair adalah salah satu spesies pohon tertua di bumi. Pohon ginkgo ini memiliki sifat sangat unik yaitu mereka akan tumbuh lebih dari 39,6 meter dan bahkan dapat hidup dari seribu tahun. Ternyata sejak ribuan tahun yang lalu, khasiat dai tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi, dan salah satunya yaitu dapat mengatasi kondisi yang berhubungan dengan gangguan ingatan.
Khasiat Dari Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan Otak
 Khasiat Dari Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan Otak

Terjadinya gangguan pada ingatan bisa disebabkan oleh faktor usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia (pikun). Melakukan pengobatan atau perawatan gangguan pada ingatan tergantung pada penyebabnya. Selain dengan menggunakan obat-obatan medis, memperbaiki gaya hidup dan nutrisi, melakukan terapi untuk mempertajam ingatan juga bisa membantu dalam mengatasi gangguan ingatan. Terdapat salah satu nutrisi herbal yang dikerap disebut sangat berkhasiat untuk mengatasi penurunan daya ingat yaitu tanaman ginkgo biloba.

menguak manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan otak


Ginkgo biloba terutama pada bagian daunnya sering digunakan untuk mengatasi daya ingat yang menurun. Cara kerjanya seperti dapat meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di otak.

Manfaat Ginkgo Biloba

Menurut Evangeline Lausier, MD, asisten profesor klinis dalam bidang kedokteran, ginkgo biloba merupakan salah satu bahan alami yang menunjukkan banyak prospek dibandingkan dengan herbal yang lainnya, dan pada umumnya digunakan unik satu jenis demensia yang diakibatkan oleh kurangnya aliran darah. Ginkgo biloba juga cenderung bisa meningkatkan aliran darah di pembuluh darah kecil.

Sedangkan menurut Adriane Fugh-Berman, MD menunjukkan bahwa ginkgo biloba bermanfaat bagi penderita demensia dalam kisaran yang sama dengan obat yang digunakan dalam jumlah yang banyak untuk mengobati Alzheimer. Adanya beberapa bukti yang dapat menunjukkan bahwa penderita demensia akan mendapatkan keuntungan dari tanaman ginkgo tersebut, meskipun masih sangat diperlukan lebih banyak lagi studi, yaitu :
  • Peningkatan daya ingat
  • Peningkatkan daya pikir
  • Perilaku sosial yang lebih baik
  • Meredakan pusing atau sakit kepala
  • Mengatasi gangguan pendengaran
  • Mengatasi asma dan bronkitis
  • Mengatasi kesemutan dan kram kaki akibat aliran darah yang tidak lancar
  • Mengatasi asam lambung
  • Mengurangi rasa nyeri pramenstruasi
  • Selain itu, manfaat dari ginkgo biloba dipercaya sangat bagus dikonsumsi untuk penderita autisme dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi ginkgo biloba


Meskipun alami, tetapi juga tetap berhati-hati, karena dalam bentuk buah, ginkgo biloba bisa menyebabkan alergi pada kulit serta iritasi. Hindari juga memakan biji ginkgo biloba mentah karena beracun dan dapat menyebabkan kejang, atau bahkan kematian. Hindari pula penggunaan biji ginkgo biloba yang telah dipanggang, karena akan membuat sulit bernafas, kejang, denyut nadi lemah dan kehilangan kesadaran.

Tetapi jika telah diproduksi menjadi bentuk supleman, terutama pada bagian daunnya, aman dikonsumsi jika sesuai dosis yang dianjurkan. Meskipun terkadang ada pula efek samping yang terjadi seperti sakit perut, sakit kepala, pusing, alergi, atau detak jantung yang kencang. Perlu diketahui bahwa sebaiknya ginkgo biloba jangan dikonsumsi oleh :

Ibu hamil dan menyusui

Ginkgo biloba ternyata bisa menyebabkan kelahiran prematur atau terjadi pendarahan selama persalinan apabila mengonsumsi secara berdekatan dengan waktu kelahiran. Tetapi hingga saat ini masih belum diketahui dampak untuk ibu menyusui, oleh karena itu sangat diharuskan untuk berhati-hati, dan alangkah baiknya untuk dihindari.

Wanita yang ingin hamil

Penggunaan ginkgo biloba kemungkinan bisa mengganggu pada proses alami tubuh untuk memiliki anak.

Penderita diabetes

Apabila seseorang menderita penyakit diabetes, maka disarankan untuk selalu memeriksa kadar gula dalam darah jika mengonsumsi ginkgo biloba, karena ginkgo biloba bisa mengganggu jalannya pengelolaan diabetes.

Orang yang akan melakukan operasi

Ginkgo biloba yang dikenal dapat memperlambat pembekuan darah. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami pendarahan yang lebih banyak selama dan setelah melakukan operasi. Oleh karena itu jangan mengonsumsi ginkgo biloba minimal 14 hari sebelum melakukan operasi.

Maka dari itu penggunaan ginkgo biloba harus sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda. Disarankan juga untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.