Home

Kandungan Kacang Hijau Yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil sudah tidak perlu diragukan lagi karena kacang hijau memiliki kandungan sangat banyak. Kacang hijau memiliki nama lainnya yaitu Phaseolus Aereus yang termasuk dalam jenis polong-polongan yang sering dikonsumsi oleh kita. Dengan berbagai olahan dari kacang hijau terutama bubur yang sudah terkenal di Indonesia. Selain diolah menjadi sajian bubur, kacang hijau juga dapat dimanfaatkan kecambahnya atau bahkan bisa dijadikan sebagai tepung. Pada tumbuhan satu ini menjadi salah satu tanaman pangan yang cukup penting selain kacang kedelai dan kacang tanah.
Kandungan Kacang Hijau Yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil
Kandungan Kacang Hijau Yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari memang sudah menjadi keharusan, termasuk pada ibu hamil yang harus lebih ditingkatkan. Usahakan pada makanan yang dikonsumsi lebih bervariasi, karena pada masa kehamilan, nutrisi didapat dari makanan tersebut memiliki peran dalam membantu pertumbuhan dan juga perkembangan janin. Terdapat kandungan yang sangat penting dari kacang hijau yaitu folat, thiamin, dan zat besi. Dari ketiga kandungan vitamin dan mineral tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan wanita selama masa kehamilan.

3 manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Berikut ini zat yang terkandung pada kacang hijau sebagai penambah nutrisi bagi ibu hamil, diantaranya :

Folat

Kacang hijau yang sudah direbus mengandung 40% folat. Kandungan tersebut termasuk kedalam kelompok vitamin B. Tetapi ada juga bentuk sintesis folat sebagai hasil dari buatan manusia yang disebut dengan asam folat. Kedua kandungan tersebut sangat penting pada masa kehamilan sehingga disebut sebagai zat pahlawan bagi ibu hamil. Dari kedua zat tersebut berfungsi dalam memproduksi sel darah merah dan dapat membantu tabung saraf janin yang berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang.

Dengan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg setiap harinya baik sebelum maupun masa kehamilan maka akan membantu mencegah bayi terlahir dengan kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Thiamin

Zat thiamin atau dikenal dengan vitamin B1. Terdapat 14% kandungan thiamin yang ada didalam 100 gram kacang hijau yang sudah direbus yaitu setara dengan 0.164 mg. Manfaat dari thiamin yaitu dapat mengubah karbohidrat menjadi energi. Kandungan thiamin ini juga berperan untuk melancarkan fungsi otot, sistem saraf dan juga jantung supaya tetap bekerja dengan baik dan normal. Pada saat hamil, manfaat itu akan ditambah lagi yaitu sebagai nutrisi yang sangat penting dalam perkembangan otak janin. Maka dari itu baik sedang masa kehamilan ataupun menyusui sebaiknya penuhi kebutuhan nutrisi dari kandungan thiamin minimal 1,4 mg per harinya.

Zat Besi

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu kandungan zat besi. Kacang hijau yang telah direbus tiap 100 gram terdapat 1,4 mg atau sebanyak 11% zat besi. Pada selama masa kehamilan memerlukan zat besi sebanyak 27 mg per harinya. Kandungan zat besi ini berperan sebagai membuat hemoglobin pada proses pembentukan sel darah merah. Perlu diketahui bahwa pada ibu hamil sangat memerlukan darah 50% lebih banyak dibandingkan seseorang yang tidak hamil. Kondisi tersebut dapat dipenuhi dengan asupan zat besi yang cukup. Selain itu juga ibu hamil memerlukan zat besi tambahan guna untuk pertumbuhan plasenta dan juga perkembangan janin, terutama pada masa kehamilan usia trimester kedua dan ketiga.

Jika ibu hamil kekurangan kandungan zat besi maka akan meningkatkan resiko terjadinya bayi lahir memiliki berat badan rendah, bayi prematur, atau bahkan kematian pada bayi.

Itulah 3 zat penting yang terdapat pada kacang hijau yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Setelah kita mengetahui kandungan nutrisinya, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi kacang hijau pada masa kehamilan. Setidaknya Anda juga menjadikan kacang hijau sebagai cemilan atau asupan tambahan selain pada buah-buahan dan juga sayuran dalam menu makanan sehari-hari.