Home

Solusi Mengatasi Air Kloset yang Bermasalah

Sanitari merupakan perlengkapan wajib yang harus tersedia di dalam kamar mandi. Perlengkapan sanitari tersebut harus berfungsi  dengan baik agar tidak mengganggu kegiatan di kamar mandi.
Solusi Mengatasi Air Kloset yang Bermasalah
Solusi Mengatasi Air Kloset yang Bermasalah

Terkadang peralatan sanitari tidak dapat bekerja dengan sempurna. Kloset merupakan salah satu peralatan sanitari yang kerap bermasalah. Beberapa masalah yang biasa terjadi pada kloset di antaranya adalah air kloset yang bocor,  air dari tangki kloset tidak lancar, dan air tangki kloset tumpah.
 

Air Kloset Bocor

Air pada tangki mengalir terus ke kloset tanpa henti karena tangki air tidak mampu menahan air. Hal ini disebabkan oleh rusaknya katup flapper yang terletak di bagian tengah bawah tangki dan berguna untuk mengirim air ke dalam mangkuk kloset lewat proses buka-tutup flapper.
Solusi Mengatasi Air Kloset yang Bocor
Solusi Mengatasi Air Kloset yang Bocor

Umur yang tua dan sudah aus ditengarai menjadi penyebab rusaknya katup tersebut. Selain itu, terkadang rantai flapper dapat pula terjebak di bawah flapper sehingga menyebabkan tangki air tidak bisa menahan air.

Solusi bila bagian ini mengalami masalah adalah dengan melepaskan dua karet flapper pada katup flush dan menggantinya dengan flapper yang baru.

Air dari Tangki Kloset Tidak Lancar Mengalir

Beberapa faktor yang menyebabkan air dari tangki kloset untuk menyiram mangkuk kloset (flushing) tidak lancar mengalir di antaranya adalah rusaknya tuas untuk flushing dan longgarnya rantai yang terhubung pada tuas flushing.
Solusi Mengatasi Air Kloset yang Tidak Mengalir
Solusi Mengatasi Air Kloset yang Tidak Mengalir


Jika kloset Anda mengalami hal ini, cobalah untuk melihat ke dalam bagian tangki air guna memastikan apakah rantai yang terhubung pada pegangan sudah longgar. Bila hal ini terjadi, maka gunakan pengunci atau hook cadangan untuk memperbaikinya. Tetapi, bila Anda tidak mempunyai pengunci cadangan, Anda bisa memakai penjepit kertas untuk menghubungkan rantai pada salah satu ujung pegangan dan ujung lainnya ke flapper. Bila gagang atau pegangan tangki yang rusak, maka cobalah untuk menggantinya dengan yang baru.

Air Tangki Kloset Tumpah ke Luar

Penyebab dari masalah ini adalah katup pengisi air pada tangki kloset yang mengalami masalah. Katup pengisi air terbuat dari plastik dan terletak di sudut kiri tangki., Rusaknya katup ini disebabkan oleh seal karet yang sudah aus sehingga menyebabkan katup tidak dapat menutup dan membuat air terus mengalir.

Solusi untuk mengatasi air tangki kloset yang tumpah ini adalah dengan memastikan pasokan air ke tangki yang terdapat di belakang kloset. Lalu, buka tutup katup pengisi dan cungkil segel memakai obeng. Lakukan secara pelan-pelan sembari menekan katup pengisi untuk membuka segel karet. Jika sudah, ganti dengan karet segel katup yang baru.