Home

Tips Merawat Kucing Persia Agar Sehat Selalu

Merawat kucing mungkin belum banyak yang mengetahui langkah langkah yang tepat. Untuk itulah artikel Tips Merawat Kucing Persia Agar Sehat Selalu yang kali ini saya bahas tentu bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang memiliki kucing persia tetapi belum mengetahui banyak hal tentang cara untuk merawat kucing persia dengan tepat dan benar.
Tips Merawat Kucing Persia Agar Sehat Selalu
Tips Merawat Kucing Persia Agar Sehat Selalu

Tips Merawat Kucing Persia Agar Sehat Selalu

Kucing merupakan salah satu hewan yang memang sangat sering dijadikan hewan peliharan dirumah. Banyak yang memilih kucing sebagai hewan peliharaan dirumah karena memang memiliki sifat yang penurut, tengang dan imut. Tidak heran jika semakin banyak yang memelihara kucing sebagai teman bermain ataupun hewan peliharan dirumah agar memiliki aktifitas lain.

Hingga saat ini, kucing memiliki banyak sekali jenis yang hampir setiap negera memiliki kucing rasnya sendiri sendiri. Salah satu jenis kucing yang memang sangat banyak dipelihara dirumah adalah jenis kucing ras Persia. Jenis kucing ini memang dapat di katakan sebagai kucing yang sangat populer di dunia, karena memang kucing ini memiliki kelebihan yaitu penurut, tidak terlalu agresif ataupun tidak banyak bergerak.

Banyak yang beranggapan bahwa memelihara kucing itu mudah tidak tidak terlalu ribet. Meskipun hanya kucing peliharaan, tentu sebagai pemilik kita bukan hanya melakukan aktifitas memberikan makan saja. Kucing tentu juga harus diberikan perawatan terbaik agar merka selalu sehat.

Maka dari itulah di artikel ini akan saya berikan Tips Merawat Kucing Persia Agar Sehat Selalu. Bagi anda yang ingin kucing peliharaan anda dirumah sehat selalu dan tidak mudah terserang penyakit. Tentu anda bisa ikuti dan simak terus artikel yang kali ini saya update untuk anda semua.

Gunakan Tempat Makan Dan Pellet Kayu Sebagai Alas

Menggunakan mangkuk yang rendah tentu akan lebih baik dalam memberikan pakan kucing Persia. Kucing persia yang memiliki wajah datar dan hidung pesek akan lebih suka dengan mangkuk yang datar dengan pinggiran rendah atau tanpa pinggiran sama sekali. Untuk tempat pakan anda bisa menghindari penggunaan bahan plastik untuk mangkuk makanan kucing persia karena hal tersebut dapat menjadi tumbuhnya bakteri.

Menghindari penggunaan bahan yang dapat menempel pada kaki ataupun bulu kucing. Kucing persia terkenal memiliki bulu yang panjang dan cantik, karena itulah sangat penting sekali untuk menjaga kebersihannya. Pellet kayu dapat menjadi pilihan terbaik untuk alas kandang kucing. Karena memang bahan ini tidak akan menempel pada kaki kucing ataupun bulu kucing.

Jika anda memiliki kucing anggora dirumah dan ingin mengetahui bagaimana cara tepat untuk memelihara kucing anggora. Anda bisa baca panduannya yang lengkap di artikel kami Cara Merawat Kucing Anggora Agar Tetap Sehat.

Memandikan Dan Menyikat Bulu Kucing

Sebagai pemilik kucing, tentu anda juga harus memandikan kucing ketika kucing terlihat kotor. Terutama bagi kucing persia yang memiliki warna dasar yang putih. Apalagi jika anda melepas kucing bermain di taman yang banyak tanah kotor, sudah dipastikan kucing akan berguling guling  dan membuat badannya kotor.

Untuk memandikan kucing tentu anda bisa menggunakan jasa pet shop yang bisa memandikan sekaligus memberikan perawatan yang lengkap. Anda juga bisa memandikannya sendiri, tetapi untuk memandikannya anda harus mulai dari penggunaan air yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Penggunakan shampo juga harus anda perhatikan agar kucing terlihat cantik saat sudah dimandikan.

Menyikat bulu kucing persia tentu bisa anda biasakan sejak kucing berusia dini. Karena dengan cara seperti itu Kucing Persia akan lebih dapat dengan mudah untuk menyesuaikan diri dan terbiasa dengan aktivitas tersebut. Jika tidak dilakukan sejak dini, dikhawatirkan kucing persia tidak akan menyukai pada saat menyisir atau menyikat bulu kusamnya.

Gunakanlah sikat bulu yang tidak berbahan logam. Untuk menyikat bulunya bisa anda lakukan secara teratur yaitu setiap hari jika memang ada waktu untuk menyisirnya. Hal tersebut bertujuan agar bulu kucing persia tetap terlihat cantik dan tidak kusam. Tips Merawat Kucing Persia yang saya berikan ini tentu bisa anda coba praktekan dirumah agar kucing persia yang anda miliki tampil dengan ceria dan cantik.

Menjaga Kebersihan Kucing

Kebersihan dan kesehatan kucing peliharaan tentu juga harus tetap di jaga secara rutin. Karena memang dengan menjaga kesehatan dan mengontrol kesehatan kucing yang kita pelihara juga termasuk hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh para penghobi kucing persia atapun jenis kucing hias lainnya.

Salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah menjaga kebersihan hidung kucing persia. Hidung kucing persia memang lebih pesek jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Dan dengan memiliki hidung yang seperti itu, tentu dapat lebih mudah untuk menjadi tersumbat karena adanya kotoran ataupun hal yang lainnya.

Tentu hal ini dapat menyebabkan kucing sulit untuk bernafas, dan dapat memicu infeksi saluran pernafasan pada kucing. Tentu anda bisa membersihkan hidung kucing persia secara teratur agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hanya untuk membersihkan hidung kucing persia.

Melakukan Vaksinasi Kucing Persia

Melakukan vaksinasi merupakan Tips Merawat Kucing Persia yang juga harus anda perhatikan. Karena memang kucing persia lebih mudah terhadap infeksi saluran pernafasan jika dibandingkan jenis kucing lain. Hal ini disebabkan karena kucing persia tidak memiliki lapisan filter ekstra pada hidung untuk menyaring bakteri yang masuk ke hidung saat menghirup udara.

Untuk menjaga agar kucing tetap sehat dan terhindar dari infeksi saluran pernafasan. Anda bisa melakukan vaksinasi atau imunisasi ke Dokter hewan secara teratur. Dengan adanya langkah vaksinasi akan meningkatkan daya tahan tubuh kucing persia terhadap flu kucing yang bisa kapan saja menyerangnya.

Selain memberikan vaksinasi kepada kucing persia. Anda juga harus membersihkan mata kucing persia secara teratur agar kucing sehat selalu dan tidak mudah terserang penyakit. Membersihkan mata kucing setidaknya bisa anda lakukan sebanyak sekali sehari secara teratur. Karena mata kucing persia dapat memproduksi air mata yang berlebihan, air mata yang tidak dibersihkan tentu dapat merusak bulu pada wajah dan dapat menimbulkan iritasi.

Mengajak Bermain Bersama

Mengajak bermain dan bercanda hewan peliharaan tentu adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Karena memang dengan cara seperti ini tentu anda dan hewan peliharaan anda akan mengerti satu sama lain dan agar hewan peliharaan anda juga bisa mengenal lebih dekat majikannya.

Mengajarkan hal yang baik dan tidak baik kepada kucing persia juga termasuk Tips Merawat Kucing Persia agar kucing jinak dan selalu nurut dengan apa yang kita katakan.