Home

5 Penyebab Perut Kencang Pada Saat Hamil

Selama kehamilan, umum terjadi bagi wanita untuk mengalami banyak perubahan fisik dan mental. Semua wanita hamil akan mendapatkan perut tumbuh dan menonjol. Pada trimester kedua kehamilan Anda, rahim sudah mencapai setengah jalan dan akan terjebak antara tulang panggul dan pusar.
 
5 Penyebab Perut Kencang Pada Saat Hamil
5 Penyebab Perut Kencang Pada Saat Hamil

Ada kemungkinan lebih dari rahim berkembang dalam ukuran dan akhirnya akan mulai untuk menekan dinding perut dan dengan demikian, memberikan perasaan keras. Seiring waktu berlalu, kekerasan perut menjadi normal. Kondisi ini terjadi karena kebanyakan wanita hamil. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan perempuan sebagai hamil akan memiliki perut keras selama kehamilan.
Jangan merasa terkejut jika Anda mendapatkan perasaan keras di sekitar perut, ini adalah karena membesarnya rahim. Bagi beberapa orang, kondisi ini dapat terjadi lebih dini setelah selesainya 12 minggu kehamilan.

Namun perut keras selama kehamilan ini tergantung pada jenis tubuh orang tersebut. Kadang-kadang, kekerasan ekstrim dapat menyebabkan banyak tekanan mental yang tidak perlu bagi kebanyakan wanita hamil. Anda bahkan mungkin merasa murung dan tidak dapat berkonsentrasi pada apa pun.

Ini adalah beberapa emosi yang Anda akan menghadapi saat hamil. Jika mental Anda terganggu karena ketidaknyamanan, kemudian mencari perawatan prenatal segera. Ada beberapa penyebab mengapa wanita hamil menghadapi pengerasan perut pada trimester kedua (selama minggu ke-21) kehamilan. Berikut Penjelasannya.

Faktor penyebab perut kencang saat hamil muda

1. Uterus


Bayi tumbuh di rahim, yang ditempatkan di rongga panggul antara kandung kemih dan rektum. Pinggang akan memperluas setelah bayi dan rahim mulai tumbuh lebih besar.

Penyebab utama perut keras selama kehamilan adalah bahwa rahim mulai menerapkan tekanan pada perut dan cenderung untuk memperluas. Pada kenyataannya, ini terjadi selama trimester pertama ketika rahim mulai meregang.

Selain itu, ketika bayi tumbuh selama trimester kedua, volume air di perut akan meningkat. Ini pada akhirnya akan mengarah pada perut keras.

2. Kerangka Janin mengembangkan

Biasanya, ibu hamil cenderung mengalami gejala kekerasan yang berlebihan setelah trimester kedua karena kemudian bahwa kerangka janin berkembang dan memperluas pada waktu yang sama. Perut menjadi keras setelah tulang di tubuh bayi mulai terbentuk.

Ini adalah salah satu alasan mengapa perut menjadi lebih sulit. Di sisi lain, perut akan tetap pergi rock keras menjelang akhir kehamilan.

3. Tanda Kerutan

Kebanyakan wanita hamil juga akan melalui sakit perut yang parah selama waktu ini dan itu hanya akan mendapatkan lebih rendah setelah pengiriman. Jika rasa sakit terjadi pada trimester ketiga, itu cukup normal seperti masalah ini terjadi hanya ketika rahim mengembang karena pertumbuhan bayi.

Jika Anda terus-menerus mendapatkan rasa sakit, kemudian mencari perawatan prenatal. Dan yang lebih penting, penyebab lain dari pengerasan adalah karena pembentukan kerutan. Tanda kerutan bisa dihilangkan dengan memijat lembut pada daerah perut dengan vitamin A krim topikal.

4. Sembelit

Penyebab lain dari perut keras adalah asupan makanan yang buruk dan tidak pantas makanan kebiasaan seperti makan terlalu cepat. Ketika Anda mengkonsumsi makanan cepat saji, ada kemungkinan Anda menderita sembelit. Sembelit juga penyebab umum lain dari perut sulit bagi wanita hamil.

Bahkan mengkonsumsi minuman ringan dan minuman lainnya dapat menyebabkan pengerasan dan nyeri pada daerah perut. Untuk menghindari beberapa masalah pencernaan, wanita hamil harus mengkonsumsi makanan serat tinggi.

5. Kontraksi Braxton Hicks

kontraksi Braxton Hicks yang umum di trimester kedua dan ketiga juga bertanggung jawab untuk pengetatan perut. Kontraksi ini sering disebut sebagai ‘persalinan palsu’ dan mereka dikenal untuk mempersiapkan tubuh untuk aktual atau ‘tenaga kerja benar’.

Nyeri persalinan benar atau kontraksi datang secara berkala dan berirama di alam. Cobalah untuk mencatat frekuensi kontraksi dan durasi mereka juga. Informasi ini sangat membantu bagi dokter.